Skip to main content

Posts

TINGKAT-TINGKAT KEBUTUHAN MANUSIA MENURUT ABRAHAM H. MASLOW II

Kebutuhan Sosial Tidak ada manusia dalam abad modern ini yang dapat hidup menyendiri, sama sekali terlepas dari pengaruh lingkungannya. Bahkan dapat dikatakan bahwa salah satu ciri dari dunia modern adalah semakin banyaknya organisasi dimana seseorang menjadi anggota, yang tujuan dan kegiatannya dapat beraneka ragam seperti bidang politik, sosial, keagamaan, kekeluargaan, profesional, keolahragaan, kebudayaan, kesenian, dan sebagainya. Keanggotan dalam berbagai organisasi merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sosial seseorang. Dikatakan demikian karena kebutuhan sosial biasanya menampakkan dirinya dalam berbagai bentuk naluri, seperti: 1.Sense of belonging 2.Sense of participation 3.Sense of importance 4.Sense of achievement Sense of Belonging Tidak ada seseorang yang senang “dipencilkan” dari arena pergaulan. Setiap orang ingin diterima, diperlakukan dan dihargai selaku anggota organisasi yang terhormat, yang diperlakukan secara wajar. Sense of Participation Beberapa fakt

TINGKAT-TINGKAT KEBUTUHAN MANUSIA MENURUT ABRAHAM H. MASLOW

Ada lima tingkat kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Maslow, yaitu: 1.Kebutuhan fisiologis, 2.Kebutuhan akan keamanan, 3.Kebutuhan sosial, 4.Kebutuhan untuk dihormati, 5.Kebutuhan kesempatan mengembangkan potensi. 1.Kebutuhan fisiologis Pada dasarnya kebutuhan fisiologis dibagi kepada tiga golongan utama, yaitu: 1. Kebutuhan akan sandang, 2. Kebutuhan akan pangan, 3. Kebutuhan akan papan. Meskipun demikian perlu diperhatikan bahwa sifat dan jenis kebutuhan akan ketiga golongan di atas dapat dan biasanya memang mengalami perubahan, perubahan bisa terjadi karena: 1.Usia seseorang, 2.Kemampuan yang semakin meningkat untuk memuaskan kebutuhan tertentu, 3.“ Demonstration Effect ” yang dapat mengakibatkan seseorang memiliki sesuatu yang sesungguhnya apabila dilihat dari segi kemampuannya masih diluar jangkauan, akan tetapi karena tidak mau dikatakan “ketinggalan”, lalu pemilikan benda tersebut dipaksakan. Artinya, rupanya sudah menjadi kodrat manusia bahwa sesuatu kebutu

SENSE OF IMPORTANCE AND SENSE OF ACHIEVEMENT

Sense of Importance Setiap orang merasa dirinya penting. Bagaimanapun rendahnya kedudukan seseorang dalam organisasi, ia mengharap diperlakukan sebagai makhluk yang memiliki martabat yang tinggi dan kepribadian yang wajar dihargai. Jelaslah bahwa cara yang dapat ditempuh untuk memuaskan kebutuhan ini adalah melalui perlakukan yang senonoh dan wajar. Tegasnya, memanusiakan suasana dan liongkungan kerja. Sense of Achievement Kegagalan selalu menghantui kehidupan seseorang. Karena itu manusia normal selalu berusaha agar ia terhindar dari situasi kegagalan. memang benar bahwa dalam kehidupan ini "gelombang hidup" pasti dihadapi. Bahkan dapat dikatakan bahwa hidup ini tidak akan "menarik" apabila tidak disertai oleh gelombang tersebut yang adakalanya "menggunung" dan sukar diatasi, tetapi sering pula berupa "gulungan" air yang tidak membahayakan akan tetapi tokh harus dilalui. Keberhasilan mengemudikan hidup melalui gelombang itulah

DI BALIK TERORISME

Baru-baru ini bangsa Indonesia dikejutkan oleh meledaknya bom di hotel JW Marriot dan Ritz Carlton, suatu kejadian yang tak terduga, ketika masyarakat Indonesia sedang sibuk dan sedang asyik-asyiknya membahas dan berdiskusi tentang hasil pilpres. Bom Marriot-Carlton ini memakan banyak korban baik yang tewas maupun terluka. Tak urung bom bunuh diri di Marriot-Carlton ini menuai kecaman keras dari sepenjuru dunia. Dan nampaknya sudah menjadi ketentuan peradaban bahwa aksi terorisme ini akan terus berlangsung dari waktu ke waktu dengan apapun latar belakangnya dan siapapun orangnya sepanjang ketidakadilan terus terjadi di dunia. Peristiwa-peristiwa terorisme ini seolah menjadi pembuktian dari tesis yang dilontarkan oleh Samuel Hutington tentang terjadinya gesekan antar peradaban (clash of civilization) antara Barat kontra Timur/Islam. Video pernyataan Noordin M Top beberapa waktu silam yang menyatakan bahwa sepanjang Amerika, Inggris, Australia beserta sekutu-sekutu pendukungnya melakukan

PROSES PERENCANAAN PERUSAHAAN

Perencanaan pemasaran didasarkan pada pasar, pelangan, dan produk/layamam, perencanaan bisinis melibatkan sumber daya perusahaan lain yang akan terkait dengan pasar yang telah teridentifikasi. Berikut lima langkah proses perencanaan perusahaan : Pertama, terkait denan pernyataan sasaran finansial perusahaan untuk periode perencanaan jangka panjang organisasi itu. Sasaran ini sering diuraikan dalam bentuk perputaran, laba sebelum pajak, dan keuntungan investasi. Biasanya, batas perencanaan ini lima tahun, tetapi periodenya harus ditentukan oleh keadaan pasar. Sebagai panduannya, seharusnya ada pasar untuk produk organisasi itu, umtuk waktu yang cukup lama, setidaknya untuk melunasi setiap investasi modal yan berkaitan denan produk-produk itu. Disarankan untuk menekan periode ini hanya sampai tiga tahunkarena jika lebi dari itu, setiap detil dari rencanan strategis kemungkinan tidak akan ada artinya. Kedua, merupakan audit, atau tinjauan dan penilaian yang sistematis, kritIs, dan tak bia

10 PRINSIP PERENCANAAN PEMASARAN

Secara ringkas, 10 prinsip perencanaan pemasaran adalah sebagai berikut : 1. Kembangkan rencana strategis terlebih dahulu; rencana operasional bersal dari langkah pertama ini. 2. Tempatkan pemasaran sedekat mungkin dengan pelanggan; pemasaran dan penjualan di bawah satu orang. 3. Pemasaran merupakan sikap pemikiran, bukan seperangkat prosedur. 4. Aturlah aktivitas pada kelompok pelanggan, bukan aktivitas fungsional. 5. Audit pemasaran harus dilakukan dengan setepat-tepatnya. Tidak boleh ada istilah yang samar-samar, dan tidak ada yang disembunyikan. Manajer harus menggunakan alat-alat seperti analisis portfolio dan informasi siklus hidup produk. 6. Analisis SWOT harus difokuskan pada segmen-segmen yang kritis terhadap bisnis; konsentrasikan hanya pada faktor-faktor kunci yang menuju ke sasaran. 7. Orang-orang harus dididik tentang proses perencanaan. 8. Harus ada rencana untuk perencanaan. 9. Semua sasaran harus diprioritaskan dalam hal urgensi dan pengaruhnya. 10. Perencanaan pemasara

ADVAN VANBOOK A1N-70T (ALNECH KOMPUTER)

Poto : dewo.wordpress.com Sebagai salah satu pemain besar dalam industri IT( Information Technology ) di Indonesia, khususnya produk-produk netbook, maka Advan meluncurkan vanbook di tahun 2009 ini dengan tipe terbaru, yang diberi nama vanbook A1N-70T . Vanbook A1N-70T ini dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni yaitu dilengkapi dengan prosesor Intel Atom N 270 1,6 Ghz dengan chipset 945GME/GSE , dilengkapi dengan harddisk berkapasitas 160 GB SATA dan memori 1 GB DDR 2 .  Disuguhi dengan layar monitor ukuran 10,2" LED screen dan berat hanya berkisar 1,25 kg maka pengguna vanbook ini dapat dengan mudah, leluasa, dan praktis membawanya untuk berbagai keperluan dan aktivitas seharian. Mulai dari kantor, mall , cafe, kampus, perpustakaan, hingga ke sekolah.  Vanbook ini memiliki tombol QWERTY yang dibuat senyaman mungkin bagi para user ( user friendly ) sehingga pengguna merasa nyaman dan leluasa saat aktivitas mengetik ataupun browsing ke dunia maya. Susunan tombol QWERTY ini s