Masukkan Code ini K1-196Y68-4
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com Adsense Indonesia Add to Technorati Favorites Adsense Indonesia

28 July 2009

TINGKAT-TINGKAT KEBUTUHAN MANUSIA MENURUT ABRAHAM H. MASLOW II

Kebutuhan Sosial

Tidak ada manusia dalam abad modern ini yang dapat hidup menyendiri, sama sekali terlepas dari pengaruh lingkungannya. Bahkan dapat dikatakan bahwa salah satu ciri dari dunia modern adalah semakin banyaknya organisasi dimana seseorang menjadi anggota, yang tujuan dan kegiatannya dapat beraneka ragam seperti bidang politik, sosial, keagamaan, kekeluargaan, profesional, keolahragaan, kebudayaan, kesenian, dan sebagainya.

Keanggotan dalam berbagai organisasi merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sosial seseorang. Dikatakan demikian karena kebutuhan sosial biasanya menampakkan dirinya dalam berbagai bentuk naluri, seperti:
1.Sense of belonging
2.Sense of participation
3.Sense of importance
4.Sense of achievement

Sense of Belonging
Tidak ada seseorang yang senang “dipencilkan” dari arena pergaulan. Setiap orang ingin diterima, diperlakukan dan dihargai selaku anggota organisasi yang terhormat, yang diperlakukan secara wajar.

Sense of Participation
Beberapa faktor yang dapat digunakan oleh manajemen untuk memuaskan kebutuhan “sense of participation” dari para anggotanya, antara lain, adalah:
1.Adanya tujuan yang jelas, baik yang bersifat jangka panjang, sedang, maupun jangka pendek.
2.Proses perumusan kebijaksanaan yang melibatkan semua unsur dalam organisasi, paling sedikit sebagai sumber informasi dan input.
3.Proses pengambilan keputusan yang demokratis dengan mendengar pendapat unsur pelaksana.
4.Proses pelaksanaan yang didasarkan atas pembagian tugas yang jelas.
5.Pendelegasian wewenang yang menggairahkan pengembangan daya inovasi dan kreasi anggota organisasi.
6.Pengawasan yang bersifat mendidik dan bukan untuk mencari alasan bagi pimpinan untuk bertindak punitif.
7.Penggunaan sistem umpan balik secara efektif dalam keseluruhan proses manajemen.

Singkatnya, salah satu cara terbaik untuk memuaskan naluri berpartisipasi adalah dengan jalan menciptakan dan mengembangkan suasana dan lingkungan kerja yang mendorong pertumbuhan kreatifitas dan produktifitas para anggota organisasi. Mengenai penjelasan sense of importance dan sense of achievement dijelaskan dalam artikel ini.

No comments:

Post a Comment