Masukkan Code ini K1-196Y68-4
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com Adsense Indonesia Add to Technorati Favorites Adsense Indonesia

04 May 2009

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANDA DALAM MENGHAFAL PIDATO

Ada beberapa cara agar kita bisa meningkatkan kemampuan berpidato kita, beberapa faktor/cara tersebut antara lain:

1. Dapatkan tempat yang relatif tenang, bukan ruang yang sangat hening. Anda mungkin jatuh tertidur disana.
2. Usahakan temperatur ruang sedang-sedang saja-tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Kedua ekstrem akan mengganggu kemampuan anda untuk berkonsentrasi.
3. Cegah interupsi. Minta sekretaris anda menahan panggilan telepon untuk anda. Gantung tanda “jangan ganggu” pada pintu anda.
4. Cegah diri anda mengganggu diri sendiri dengan mengurus semua masalah yang menekan yang dapat anda pikirkan sebelum memulai kerja. Bersihkan pikiran anda dari persoalan lain-apapun persoalan tersebut.
5. Rileks, tetapi jangan terlalu banyak. Sedikit ketegangan akan membantu-duduk di kursi yang agak tidak nyaman, berjalan ke sekeliling ruangan sementara anda menghafal, mersakan sedikt kecemasan, suatu rasa urgensi.
6. Hindari zat kimia jenis apapun. Berlawanan dengan kebijaksanaan konvensional, obat ataupun alkohol tidak meningkatkan konsentrasi; sebenarnya, keduanya malah mengganggu konsentrasi.
7. Jadwalkan periode kerja anda di sekitar waktu puncak anda-waktu ketika anda cenderung mersa paling baik dan mnecapai paling banyak.
8. Tetapkan tujuan dan sasaran yangrealistik dan dapat di capai. Dengan menggunakan tanggal batas awaktu sebagai titik awal, bekerja mundur di dalam jadwal anda untuk mengidentifikasi berapa banyak yang sudah anda capai pada setiap tonggak di dalam rencana anda.
9. Ganjar diri anda bila anda berhasil dalam mencapai suatu tonggak. Selama sesi kerja, bekerjalah menuju suatu target dan bekerja untuk semacam pembayaran sebagai tambahan untuk tujuan: minuman kegemaran, sedikit waktu rehat-sesuatu yang anda ingin dapatkan yang biasanya anda tidak mengizinkan diri anda mendapatkannya kecuali untuk kesempatan istimewa.

1 comment: