Skip to main content

KONSEKUENSI DARI PUTUS ASA

Apa konsekuensi dari anda yang putus asa? pertama, putus asa dapat mematikan langkah anda. Rancangan atau konsep hidup yang sudah anda bangun di awal, hancur berantakan di depan mata tanpa pernah anda sadari tatkala putus asa melanda. Langkah progresif yang telah disusun secara sistematis hancur lebur setelah perjuangan keras anda meyakinkan masyarakat sekitar, siang, dan malam,hanya disebabkan oleh sebuah kata putus asa. Putus asa tersebut harus membuat anda memulai sesuatu dari nol lagi, dan memerlukan waktu lama untuk pulihkan keyakinan anda. Berapa besar kerugian yang anda alami?

Kedua, putus asa dapat menggoyahkan keyakinan, keoptimisan, dan pikiran positif anda. Keyakinan bahwa saya pasti bisa, mampu, kuat, sanggup, perlahan-lahan mulai lemah dan redup, bahkan mati sekalipun tatkala putus asa melanda diri anda. Tidak akan ada keoptimisan yang total bila putus asa telah menyerang. Kekuatan pikiran positif tidak akan kuat menancap dan akan tercerabut dari akarnya(dari pikiran dan diri anda) tatkala putus asa mulai ditabuhkan dalam pikiran anda. Maka, sia-sialah kekuatan mental, perjuangan dan pengorbanan yang telah anda bangun selama ini.

Ketiga, putus asa membuat diri anda dalam ketidakpastian yang panjang dan melelahkan. Tidak ada konsekuensi yang akan diterima oleh anda yang putus asadalam menjalani kehidupan dan memecahkan masalah (kesulitan) selain berada dalam suasana dan kondisi yang serba tidak pasti. Stress akan cepat melanda bila tidak segera bangkit dan keluar dari masalah dan bisa menyebabkan depresi, bahkan bisa berujung pada kegilaan . Tak ada hal yang paling melelahkan selain bekerja tanpa tujuan dan hasil atau manfaat yang jelas.

Keempat, putus asa akan membunuh kepercayaan pada diri anda sendiri. Kepercayaan diri adalah mahkota anda. Kepercayaan diri adalah modal utama agar orang lain menjadi respek dan kagum pada anda. kredibilitas anda akan diakui orang lain bermula dari kepercayaan diri yang anda tampakkan. Anda bangkit, maju, sukses, dan berhasil oleh kepemilikan anda atas kepercayaan diri. Namun ketika putus asa hinggap pada diri anda, semua yang telah anda bangun akan hancur berantakan hingga ke akar-akarnya., tanpa meninggalkan bekas apa-apa.

Kelima, putus asa menjatuhkan harga diri anda. Nama baik sangat berkaitan dengan harga diri anda. nama baik adalah iklan yang sangat ampuh, nama baik merupakan modal awal anda untuk berinteraksi dengan orang lain secara normal dan wajar. nama baik dan harga diri anda akan selalu berjalan beriringan bila sikap dan perilaku anda juga baik. Oleh karena itu berpantanglah berputus asa, karena putus asa itu akan menenggelamkan anda dalam jurang kegagalan, teruslah berusaha jangan takut untuk gagal, tegak berdiri dan jalanlah kembali untuk mencapai impian anda, selamat berjuang...!!!


Sumber: Iskandar Zulkarnain, From Nothing To Something, 2007)

Comments

Popular posts from this blog

TEORI DUALISME EKONOMI INDONESIA MENURUT J.H. BOEKE

Indonesia menurut J.H. Boeke mengalami dualisme ekonomi atau dua sistem ekonomi yang berbeda dan berdampingan kuat. Dua sistem tersebut bukan sistem ekonomi transisi dimana sifat dan ciri-ciri yang lama makin melemah dan yang baru makin menguat melainkan kedua-duanya sama kuat dan jauh berbeda. Perbedaan tersebut karena sebagai akibat penjajahan orang-orang Barat. Apabila tidak terjadi kedatangan orang-orang Barat mungkin sistem pra-kapitalisme Indonesia dan dunia Timur pada umunya pada suatu waktu akan berkembang menuju sisitem atau tahap kapitalisme. Akan tetapi sebelum perkembangan kelembagaan-kelembagaan ekonomi dan sosial menuju ke arah sama, penjajah dengan sisitem kapitalismenya (dan sosialismenya serta komunisme) telah masuk ke dunia Timur. Inilah yang menimbulkan sistem dualisme atau masyarakat dualisme. Telah diuraikan bahwa ekonomi dualistik atau lengkapnya sistem ekonomi dualistik adalah suatu masyarakat yang mengalami 2 macam sistem ekonomi yang saling berbeda dan berdampi

FENOMENA “PASAR MALAM” DI KAMPUNGKU

id.wikipedia.org Dua hari setelah lebaran di kampungku diadakan “pasar malam” tapi saya tidak melihatnya sebagai sebuah pasar yang seperti biasa kita saksikan sehari-hari. Memang benar, pasar malam di kampungku ini ada juga yang berjualan seperti PK-5, ada yang berjualan mainan anak, pernak-pernik cincin, kalung, gelang, dan sebagainya. Dan ada juga permainan anak-anak seperti kuda putar, yang lucunya tidak digerakkan oleh mesin melainkan oleh manusia yang tidak lain adalah si pemilik wahana mainan itu sendiri yang terdiri atas beberapa orang, mereka bahu-membahu menarik dan memutar “kuda putar” ini selama kurang lebih 5 menit.  Namun banyak juga anak-anak yang tertarik mencobanya, sampai-sampai ada yang menangis, ya..namanya juga anak-anak. Yang kedua adalah mainan anak-anak yang saya kurang tahu namanya, semacam “roller coaster” yang kalau kita tidak kuat kita akan merasa pusing setelah mencoba mainan ini, mungkin ini karena faktor ayunannya yang kuat. Nah..selain yang saya ungkapkan

GOOD CORPORATE GOVERNANCE

GOOD CORPORATE GOVERNANCE Bila kita kaji dengan lebih mendalam tolak ukur dari terciptanya suatu keberhasilan kinerja dari perusahaan tidak terlepas dari penerapan (GCG) Good Corporate Governance . Dalam diktum Keputusan Menteri Badan Usaha milik Negara Nomor: KEP -117/M-MBU/2002 tanggal 01 Agustus 2002 tentang Penerapan Praktek Good Corporate governance pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebutkan bahwa "Prinsip Good Corporate Governance merupakan kaidah, norma ataupun pedoman korporasi yang diperlukan dalam sistem pengelolaan BUMN yang sehat." Lebih jauh lagi disebutkan dalam Surat Keputusan tersebut, " Corporate Governance adalah suatu proses dan struktur yang digunakan oleh organ BUMN untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas Perusahaan guna mewujudkan Nilai Pemegang Saham dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholder lainnya, berlandaskan Peraturan Perundangan dan Nilai-nilai etika." Dalam penerapan (GCG) ada bebera