Masukkan Code ini K1-196Y68-4
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com Adsense Indonesia Add to Technorati Favorites Adsense Indonesia

06 April 2009

PENTINGNYA NGE-BLOG BAGI ENTREPRENEUR, BUSINESS-MAN/WOMAN, DAN PENGUSAHA LAINNYA

Ngeblog adalah kata-kata yang sekarang ini begitu populer di kalangan masyarakat luas mulai dari anak-anak SD, SMP, SMA, mahasiswa, eksekutif, guru, pejabat, dosen, dokter, dan kalangan profesi lainnya. Ngeblog tidak saja menjadi tren di kalangan masyarakat perkotaan yang notabenenya menyerap arus informasi dan teknologi dengan cepat, melainkan juga telah merambah ke daerah-daerah suburban yang telah terjangkau oleh akses internet. Ngeblog adalah tidak lain daripada curhat (curahan hati) dari si pemilik blog atau sebelum ada blog kita menulisnya pada sebuah buku harian atau diary yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Dengan ngeblog kita dapat menulis apapun secara jujur, terbuka, dan apa adanya serta mencurahkan segala uneg-uneg yang ada di kepala kita. Dengan ngeblog, apa yang kita tulis bisa dilihat dan dibaca oleh banyak orang karena dibuat dan di realese secara online. Bukan itu saja, orang lain yang melihat dan membacanya juga dapat memberikan komentar tentang tulisan yang kita buat, ada yang berkomentar secara positif, kritis, bahkan sampai penghinaan. Tema-tema blog sendiri dapat beraneka ragam tergantung minat dan ketertarikan dari si pemilik blog. Ada yang bertemakan tentang agama, traveling, pemerintahan, politik, ekonomi, bisnis, tips, masakan, internet, buku, budaya, seni, olah raga, musik dan banyak lagi lainnya. Perkataan blog sendiri berasal dari kata “web log” yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web secara umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (http://id.wikipedia.org/wiki/blog). Blog terdiri dari bermacam-macam jenis (Juju, 2008) yaitu : blog umum, jenis blog yang sudah mencakup semuanya, artinya blog tersebut sudah berisi teks, gambar, video, lagu, namun mayoritas adalah teks yang berisi di dalamnya. Misal : blogspot dari blogger.com, wordpress, facebook, dan banyak lainnya. Blog foto, atau photo blog adalah layanan blog yang kontennya di dominasi oleh foto-foto, tentunya yang dominan dari blog ini adalah tampilan visualnya daripada tampilan teksnya. Video blog, ada yang menyebutnya vblog, merupakan layanan blog yang berisikan media video, jadi yang dominan dalam blog ini adalah konten videonya. Penyedia blog gratis antara lain dapat dibuat di blogger.com dan wordpress.com, dan bila ingin membuat blog instan murah dan merupakan penyedia layanan blog instan pertama dan praktis di Indonesia dapat dilihat disini. Penyedia layanan blog murah dan praktis ini sangat bermanfaat terutama sekali bagi para pebisnis, wirausahawan, entrepreneur, dan kalangan masyarakat lainnya yang ingin mengembangkan usaha atau bisnisnya. Kegiatan promosi, launching produk, membagi tips tentang kewirausahaan, dan kegiatan yang bersifat komersial lainnya dapat secara mudah dan praktis diiklankan dan dikenalkan kepada banyak orang di sepenjuru dunia! Inilah value added (nilai tambah) bila kita berbisnis melalui internet jika dibandingkan dengan media-media promosi yang konvensional seperti televisi, radio, dan surat kabar. Dengan media intenet via blog kita dapat meng-create pasar yang sangat luas dan bentuk-bentuk promosi lainnya yang tidak terdapat pada media konvensional. Para pebisnis atau wirausahawan yang ingin membangun bisnisnya melalui blog dapat memperoleh keuntungan praktis seperti :
1.Cakupan pangsa pasar yang sangat luas baik lokal maupun internasional
2.Tidak harus bertatap muka secara langsung
3.Transaksi dapat dilakukan via internet
4.Tidak perlu susah payah menawarkan produk yang kita jual
5.Dapat mempresentasikan dan me-manage produknya semaksimal mungkin dengan biaya atau anggaran yang relatif kecil melalui fasilitas blog.
Jadi bagi mereka para usahawan, pebisnis, entrepreneur, dan pengusaha baik yang berskala kecil, menengah, dan besar sudah saatnya memberdayakan internet via blog sebagai salah satu media untuk membangun dan mengembangkan jaringan bisnisnya. Seperti yang dikatakan Alfin Toffler, Futurolog nomor satu dunia pada awal tahun 90-an, yang meramalkan ada tiga macam bisnis yang memiliki nilai masa depan yang cerah : pertama, bisnis yang berkaitan dengan pendidikan, kedua, bisnis yang berkaitan dengan kesehatan, dan ketiga, bisnis yang berkaitan dengan IT (Information Technology). Menyitir perkataan Benjamin Franklin “ Jangan menunda hingga esok apa yang dapat anda kerjakan hari ini”. Untuk itu kepada para pengusaha, pebisnis, wirausahawan, dan kalangan lainnya yang ingin mengembangkan diri untuk segera memperluas mindsetnya dan mendapatkan layanan blog yang murah, praktis dan tepat guna.

1 comment:

  1. Kemunculan blog benar2 telah membawa perubahan besar dalam dunia internet. Blog telah menjelma menjadi sarana/wadah promosi online yang sangat efektif.

    ReplyDelete