Skip to main content

PENTINGNYA NGE-BLOG BAGI ENTREPRENEUR, BUSINESS-MAN/WOMAN, DAN PENGUSAHA LAINNYA

Ngeblog adalah kata-kata yang sekarang ini begitu populer di kalangan masyarakat luas mulai dari anak-anak SD, SMP, SMA, mahasiswa, eksekutif, guru, pejabat, dosen, dokter, dan kalangan profesi lainnya. Ngeblog tidak saja menjadi tren di kalangan masyarakat perkotaan yang notabenenya menyerap arus informasi dan teknologi dengan cepat, melainkan juga telah merambah ke daerah-daerah suburban yang telah terjangkau oleh akses internet. Ngeblog adalah tidak lain daripada curhat (curahan hati) dari si pemilik blog atau sebelum ada blog kita menulisnya pada sebuah buku harian atau diary yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya. Dengan ngeblog kita dapat menulis apapun secara jujur, terbuka, dan apa adanya serta mencurahkan segala uneg-uneg yang ada di kepala kita. Dengan ngeblog, apa yang kita tulis bisa dilihat dan dibaca oleh banyak orang karena dibuat dan di realese secara online. Bukan itu saja, orang lain yang melihat dan membacanya juga dapat memberikan komentar tentang tulisan yang kita buat, ada yang berkomentar secara positif, kritis, bahkan sampai penghinaan. Tema-tema blog sendiri dapat beraneka ragam tergantung minat dan ketertarikan dari si pemilik blog. Ada yang bertemakan tentang agama, traveling, pemerintahan, politik, ekonomi, bisnis, tips, masakan, internet, buku, budaya, seni, olah raga, musik dan banyak lagi lainnya. Perkataan blog sendiri berasal dari kata “web log” yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web secara umum. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (http://id.wikipedia.org/wiki/blog). Blog terdiri dari bermacam-macam jenis (Juju, 2008) yaitu : blog umum, jenis blog yang sudah mencakup semuanya, artinya blog tersebut sudah berisi teks, gambar, video, lagu, namun mayoritas adalah teks yang berisi di dalamnya. Misal : blogspot dari blogger.com, wordpress, facebook, dan banyak lainnya. Blog foto, atau photo blog adalah layanan blog yang kontennya di dominasi oleh foto-foto, tentunya yang dominan dari blog ini adalah tampilan visualnya daripada tampilan teksnya. Video blog, ada yang menyebutnya vblog, merupakan layanan blog yang berisikan media video, jadi yang dominan dalam blog ini adalah konten videonya. Penyedia blog gratis antara lain dapat dibuat di blogger.com dan wordpress.com, dan bila ingin membuat blog instan murah dan merupakan penyedia layanan blog instan pertama dan praktis di Indonesia dapat dilihat disini. Penyedia layanan blog murah dan praktis ini sangat bermanfaat terutama sekali bagi para pebisnis, wirausahawan, entrepreneur, dan kalangan masyarakat lainnya yang ingin mengembangkan usaha atau bisnisnya. Kegiatan promosi, launching produk, membagi tips tentang kewirausahaan, dan kegiatan yang bersifat komersial lainnya dapat secara mudah dan praktis diiklankan dan dikenalkan kepada banyak orang di sepenjuru dunia! Inilah value added (nilai tambah) bila kita berbisnis melalui internet jika dibandingkan dengan media-media promosi yang konvensional seperti televisi, radio, dan surat kabar. Dengan media intenet via blog kita dapat meng-create pasar yang sangat luas dan bentuk-bentuk promosi lainnya yang tidak terdapat pada media konvensional. Para pebisnis atau wirausahawan yang ingin membangun bisnisnya melalui blog dapat memperoleh keuntungan praktis seperti :
1.Cakupan pangsa pasar yang sangat luas baik lokal maupun internasional
2.Tidak harus bertatap muka secara langsung
3.Transaksi dapat dilakukan via internet
4.Tidak perlu susah payah menawarkan produk yang kita jual
5.Dapat mempresentasikan dan me-manage produknya semaksimal mungkin dengan biaya atau anggaran yang relatif kecil melalui fasilitas blog.
Jadi bagi mereka para usahawan, pebisnis, entrepreneur, dan pengusaha baik yang berskala kecil, menengah, dan besar sudah saatnya memberdayakan internet via blog sebagai salah satu media untuk membangun dan mengembangkan jaringan bisnisnya. Seperti yang dikatakan Alfin Toffler, Futurolog nomor satu dunia pada awal tahun 90-an, yang meramalkan ada tiga macam bisnis yang memiliki nilai masa depan yang cerah : pertama, bisnis yang berkaitan dengan pendidikan, kedua, bisnis yang berkaitan dengan kesehatan, dan ketiga, bisnis yang berkaitan dengan IT (Information Technology). Menyitir perkataan Benjamin Franklin “ Jangan menunda hingga esok apa yang dapat anda kerjakan hari ini”. Untuk itu kepada para pengusaha, pebisnis, wirausahawan, dan kalangan lainnya yang ingin mengembangkan diri untuk segera memperluas mindsetnya dan mendapatkan layanan blog yang murah, praktis dan tepat guna.

Comments

  1. Kemunculan blog benar2 telah membawa perubahan besar dalam dunia internet. Blog telah menjelma menjadi sarana/wadah promosi online yang sangat efektif.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEORI DUALISME EKONOMI INDONESIA MENURUT J.H. BOEKE

Indonesia menurut J.H. Boeke mengalami dualisme ekonomi atau dua sistem ekonomi yang berbeda dan berdampingan kuat. Dua sistem tersebut bukan sistem ekonomi transisi dimana sifat dan ciri-ciri yang lama makin melemah dan yang baru makin menguat melainkan kedua-duanya sama kuat dan jauh berbeda. Perbedaan tersebut karena sebagai akibat penjajahan orang-orang Barat. Apabila tidak terjadi kedatangan orang-orang Barat mungkin sistem pra-kapitalisme Indonesia dan dunia Timur pada umunya pada suatu waktu akan berkembang menuju sisitem atau tahap kapitalisme. Akan tetapi sebelum perkembangan kelembagaan-kelembagaan ekonomi dan sosial menuju ke arah sama, penjajah dengan sisitem kapitalismenya (dan sosialismenya serta komunisme) telah masuk ke dunia Timur. Inilah yang menimbulkan sistem dualisme atau masyarakat dualisme. Telah diuraikan bahwa ekonomi dualistik atau lengkapnya sistem ekonomi dualistik adalah suatu masyarakat yang mengalami 2 macam sistem ekonomi yang saling berbeda dan berdampi

FENOMENA “PASAR MALAM” DI KAMPUNGKU

id.wikipedia.org Dua hari setelah lebaran di kampungku diadakan “pasar malam” tapi saya tidak melihatnya sebagai sebuah pasar yang seperti biasa kita saksikan sehari-hari. Memang benar, pasar malam di kampungku ini ada juga yang berjualan seperti PK-5, ada yang berjualan mainan anak, pernak-pernik cincin, kalung, gelang, dan sebagainya. Dan ada juga permainan anak-anak seperti kuda putar, yang lucunya tidak digerakkan oleh mesin melainkan oleh manusia yang tidak lain adalah si pemilik wahana mainan itu sendiri yang terdiri atas beberapa orang, mereka bahu-membahu menarik dan memutar “kuda putar” ini selama kurang lebih 5 menit.  Namun banyak juga anak-anak yang tertarik mencobanya, sampai-sampai ada yang menangis, ya..namanya juga anak-anak. Yang kedua adalah mainan anak-anak yang saya kurang tahu namanya, semacam “roller coaster” yang kalau kita tidak kuat kita akan merasa pusing setelah mencoba mainan ini, mungkin ini karena faktor ayunannya yang kuat. Nah..selain yang saya ungkapkan

GOOD CORPORATE GOVERNANCE

GOOD CORPORATE GOVERNANCE Bila kita kaji dengan lebih mendalam tolak ukur dari terciptanya suatu keberhasilan kinerja dari perusahaan tidak terlepas dari penerapan (GCG) Good Corporate Governance . Dalam diktum Keputusan Menteri Badan Usaha milik Negara Nomor: KEP -117/M-MBU/2002 tanggal 01 Agustus 2002 tentang Penerapan Praktek Good Corporate governance pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebutkan bahwa "Prinsip Good Corporate Governance merupakan kaidah, norma ataupun pedoman korporasi yang diperlukan dalam sistem pengelolaan BUMN yang sehat." Lebih jauh lagi disebutkan dalam Surat Keputusan tersebut, " Corporate Governance adalah suatu proses dan struktur yang digunakan oleh organ BUMN untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas Perusahaan guna mewujudkan Nilai Pemegang Saham dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholder lainnya, berlandaskan Peraturan Perundangan dan Nilai-nilai etika." Dalam penerapan (GCG) ada bebera